Pengaruh Sosial Media Ayobai dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Bangsa

Pengaruh Sosial Media Ayobai dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Bangsa
Perkembangan suatu negara ditandai dengan perkembangan pemanfaatan teknologi informatika dalam kehidupan masyarakatnya. Hal ini sendiri pernah dikemukakan oleh mantan preisden RI sukarno bahwa jika ingin mengusai dunia, maka kuasai media, pemuda dan agama. Oleh karena itu banyak negara saat ini focus pada penguatan informasi dan teknologi informatika. Tidak jarang ketidak sukaan terhadap suatu negara tidak lagi dilakukan dengan demonstrasi, dimana ketidaksukaan dilampiaskan melalui perusakan situs negara atau instnasi vital negara tersebut. Diindonesia sendiri perkembangan ini cukup antusias ditandai dengan perkembangan komunitas-komunitas internet, demikian juga perguruan tinggi ataupun akademi yang mempunyai jurusan teknologi informasi mengalami peningkatan yang pesat.

Jika dikerucutkan perkembangan pemanfaatan teknologi infomatika tersebut, maka peranan sosial media sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan baik bernegara dan bermasyarakat. Disisi bernegara terlihat dari kemenangan obama dalam pilpres AS dan jokowi di pilgub jabar ditandai dengan penguasaan sosmed dalam pertarungannya. Demikian juga bagi masyarakat, tidak sedikit yang mengandalkan sosmed sebagai sarana untuk mengenalkan/ mempromsikan produk jasa dan lainnya. Tidak jarang psikologi masyarakat dipengaruhi oleh prilaku hubungan di sosmed. Bahkan Presiden SBY juga memberikan perhatian agar ada aparat yang mengawasi facebook dan twitter. (merdeka .com)

Berbicara tentang sosmed tentu tidak akan lepas dari facebook dan twitter sebagai jawara dikelasnya. Bahkan seakan dunia internet atau dunia maya mengerucut pada 2 sosmed ini terbukti hampir 20% masyarakat Indonesia telah memiliki akun facebok dan 10% memiliki akun twitter. Sehingga suatu hal yang wajar jika perkembangan isu di sosial media turut mempengaruhi keputusan pemimpin negeri dan perkembangan suasana kehidupan berbangsa dan bernegara. Di Indonesia sendiri perkembangan jejaring sosial cukup pesat hal ini ditandai dengan tidak kurang 40 situs sosmed anak Indonesia yang telah berdiri. Namun hal ini tidak dikuti kualitasnya yakni kemampuan sistem dan penggunanya yang minim. Dan bahkan banyak juga yang sudah ditutup.

Dalam perkembangannya facebook privasi dan kebebasan sepertinya disamping sisi positifnya yang mampu mendekatkan jarak dan waktu ternyata menyimpan potensi yang dapat merusak nilai-nilai luhur yang dipegang sejak dulu (merdeka). Fornografi saat ini seperti sudah menghiasi hari-hari di facebook, grup-grup banyak berkembang kea rah pengelompok-pengelompok yang yang sifatnya etnisme. Demikian juga dengan twitter dengan kemudahan dan simple karena hanya 160 karakter memaksa anak bangsa lebih agresif dan to the point dalam menyampaikan ide pemikiran. Hal ini tentu membuat anak bangsa jadi lebih kasar dan agresif (merdeka).

Berdasarkan dasar pemikiran berdirinya ayobai.com sebagai sistus jejaring sosial disebutkan bahwa membawa konsep baru yaitu dengan sistem pertemanan berwawasan nusantara. Hal ini berarti seluruh pengguna ayobai.com dapat langsung berinteraksi dengan sesame anggota yang lain walaupun belum berteman (add friend di facebook) atau mengikuti (follow di twitter). Namun disamping itu ayobai juga ada mengenal teras ditandai, yaitu dimana pengguna ayobai dapat mengikuti aktifitas atau status dari teman-teman yang telah ditandainya. Dengan demikian ayobai memiliki 2 (dua) teras yaitu Teras Nasional dan teras Teras Ditandai.

Berdasarkan hal tersebut ayobai cukup menarik mengingat mempunyai karakteristik perpaduan antara facebook dan twitter. Disamping itu, ayobai juga mempunyai tujuan menggelorakan semangat ayo bangkit Indonesia dan tampilan desain warna yang cukup unik perpanduan merah putih sebuah perpaduan warna yang sulit dipaduan di dunia maya mengingat yang cukup menganggu pandangan. Namun dapat dikemas sehingga lebih soft.
Mengingat hal tersebut di atas cukup di jadkan bahan essay bagaimana pengaruh sosial media ayobai dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Bangsa?





referensi : 



Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul artikel : Pengaruh Sosial Media Ayobai dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Bangsa
Ditulis Oleh
Rating : 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Pengaruh Sosial Media Ayobai dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Bangsa ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Ditulis Oleh : JSF Hari: Monday, December 17, 2012 Kategori:

4 comments:

  1. siip.. :jempol: semoga ayobai bisa menjadi ikon kemadirian sosmed indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah seharusnya semua sosial media bisa mengantarkan ke arah yang lebih positif.

      Delete
  2. wah sudah ada iklan nya

    siip lanjutkan sosmednya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung di blog pemantau sosmed. Kami sengaja mendaftarkan akun Gmail kami ke Adsense supaya bisa berperan aktif dalam dunia nyata sebagai penambah donasi.

      Delete

Jejaring Sosial Favorit memberikan informasi ter-update seputar jejaring sosial terfavorit di Indonesia